Kamis, 26 Maret 2015

Belut Kuning, belut langka dari Banjarmasin

Belut langka yang berwarna kuning ini (diduga belut albino) berbeda dengan belut pada umumnya yang berwarna coklat kehitaman. Belut dewasa dengan panjang sekitar 72-75 cm dengan diameter layaknya lengan bayi ini ditemukan oleh sdr. Mudi, warga Jl. AYani Km.7,2 Gang Norjanah No.65 RT.01/RW.02, Kertakhanyar, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan beberapa hari lalu di rawa-rawa belakang rumahnya. Belut eksotis ini secara tidak sengaja masuk dalam "hancau", yaitu salah satu alat penangkap ikan tradisonal khas suku Banjar Kalimantan Selatan yang terbuat dari semacam benang ayum-ayum (jaring/bahan kelambu), yang berbentuk rongga belah ketupat dengan ukuran 0,5 cm – 1 cm. Bentuknya jala segi-empat dengan luas sekitar 4 m2 sesuai kondisi tempat. Pada ke- 4 ujung sisinya diberi potongan bambu membentuk tanda tambah dan diberi tongkat dari bambu sebagai alat bantu mengangkatnya Alat biasa digunakan di daerah aliran sungai-sungai kecil dan rawa. Biasanya dipasang pada pagi hari saat aliran sungai deras. Sesudah beberapa saat ditaruh, hancau diangkat untuk mengambil ikan yang terperangkap. Hal ini dilakukan berdasarkan insting serta pengalaman.
Ada, kisah menarik dibalik penemuan belut oleh pengusaha nasi goreng asli Tuban, Jawa Timur tersebut. Begitu mengetahui, hancau yang diangkatnya terdapat belut dengan ciri fisik yang tidak lazim, sang istri malah ketakutan dan meminta sang suami untuk melepas kembali belut tersebut ke tempat semula. Tapi sdr. Mudi mempunyai pandangan berbeda dengan istrinya. Dia merasa ini adalah berkah dari Yang Maha Pemberi Rizki , maka sdr. Mudi berniat untuk memeliharanya di akuarium. Sehari-harinya, belut langka yang terlihat sehat dan agresif ini diberi makan anak kodok yang biasanya dipakai untuk umpan memancing ikan haruan (ikan gabus). Sampai saat ini Informasi mengenai belut langka ini memang masih sedikit didapat, apakah memang albino seperti dugaan sebagian orang atau memang ada species belut kuning yang endemik di rawa-rawa daerah ini?
Menurut Bapak Anang, ketua RT setempat yang sempat di mintai keterangan, sebagai penduduk asli daerah sini, seumur-umur baru kali ini beliau melihat ada belut berwarna kuning ditemukan di daerah sekitar sini.
Karena minimnya informasi tersebut, sdr Mudi mempersilakan pihak-pihak terkait seperti dinas perikanan atau mungkin kolektor yang faham dan tertarik dengan binatang langka ini untuk berbagi informasi dengannya untuk menggali lebih jauh informasi mengenai keberadaan belut langka ini. Tapi, tidak menutup kemungkinan bila kedepan ada pihak yang tertarik untuk membelinya, sdr Mudi akan merelakannya dengan mahar yang layak dan pantas.
Untuk kontak diskusi & informasi, silakan hub : 081251956501 (Mudi), 081933774877.(telp+WA), email : kaekaha.4277@gmail.com atau BBM di 2B8A903F.

41 komentar:

  1. Kata abah saya belut seperti ini banyak di daerah Gambut dan Kandangan sekitar 20 tahunan yang lalu, gak tahu kalau sekarang

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Saya punya belut albino mata hitam

      Hapus
  3. Saya punya tapi 3 warna orens hitam dan putih itu termasuk langka ga yya ?

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Sy punya lo minat !
    Msh ankn...
    WA 082218992773

    BalasHapus
  6. Saya punya sebesat jempol tangan.kepala selayaknya belut biasa badannya kuning emas sampai ekor sedikit warna umumnya.

    BalasHapus
  7. Kl belut kuning seperti itu saya jg punya ....sampai sekarang msh ada lbh besar lg. Kl mau lht bolh ko ... dtng kermh aj....

    BalasHapus
  8. saya punya belut albino,matanya merah saya mau jual,yg berminat silahkan hb.no.085223191970.asli

    BalasHapus
  9. Saya punya klo minat silahkan

    BalasHapus
  10. Saya Juga punya Yg minat Wa or call 081271504588

    BalasHapus
  11. Saya Juga punya Yg minat Wa or call 081271504588

    BalasHapus
  12. Saya Juga punya Yg minat Wa or call 081271504588

    BalasHapus
  13. Saya juga punya msh kecil panjang 30 cm kurang lebih...wa 082352709626

    BalasHapus
  14. Saya punya, msh sehat besar. Watshap 082244102788

    BalasHapus
  15. Mungkin ada yg punya belut albino di daerah Jawa timur
    Info saya 083854553970

    BalasHapus
  16. Saya ada walut/belut kuning ke putih"an . Berat 0.3kg

    BalasHapus
  17. Saya punya wa/telp 089684394285

    BalasHapus
  18. Ssya ada sepasang belut albino

    BalasHapus
  19. Maaf gan.saya dari sumatra utara,saya tadi mancing juga dapat belut berwarna kuning,tapi saya takutvmemakan nya.sekarang masih saya pelihara..

    BalasHapus
  20. Saya punya warna kuning persis gtu..video via wa 085283917638

    BalasHapus
  21. Saya bru dapat jug tdi pgi wrna kuning semua

    BalasHapus
  22. Saya Punya ukuran cukup besar klo brminat hubungi wa. 085715410539

    BalasHapus
  23. saya juga punya anakan ,pnjang skitar 25_30 cm.085695738879
    area klaten

    BalasHapus
  24. Sya ad belut albino mata merh
    Lokaai jakarta Barat cengkareng
    Wa 089530708843

    BalasHapus
  25. Aq pnya dirumah.alamat Banyuwangi jwa timur.

    BalasHapus
  26. Aq pnya dirumah.alamat Banyuwangi jwa timur.

    BalasHapus
  27. Saya JGC ad tadi dapat 081362434948 wa klou ad yg minat chet

    BalasHapus
  28. Saya baru saja menemukan belut kuning yg sama d video itu dan lumayan sehat lincah gemuk saya akan pelihara d aquarium saja insyaalloh, saya dri samarinda saya temukan hri jumat tgl12 maret 2021,semoga Alloh selalu memberikan kpd kita smua keberkahan/ke barokah anak aamiinn ini no WA saya 0882 4793 6800

    BalasHapus
  29. Saya punya satu jodoh belut kuning bojonegiro

    BalasHapus
  30. Saya ada lok bandung ukuran ibu jari kaki.. Panjang 45cm minat hubungi saya. Cari di fb saya sadewa banaspati

    BalasHapus
  31. Nih ada panjang 50cm lebih.. sms aja 081291128449

    BalasHapus
  32. Saya baru dapet nih belut.. minat wa aja

    BalasHapus
  33. Saya punya pak bulut putih ukuran besar raksasa.klo minat 085751351399

    BalasHapus
  34. Saya juga punya maanfaatnya apa y

    BalasHapus