Ada apa dengan Kaos?
Kaos, Oblong atau T-Shirt merupakan pakaian
yang paling populer dan paling banyak dipakai di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Kepopuleran kaos di seluruh dunia menjadikan produk
kaos sebagai satu-satunya pakaian yang mempunyai multi predikat (multipurpose,
multiras, multigender, multiage, multistrata dll), intinya
kaos bisa dipakai untuk apa saja dan oleh siapa saja. Mau laki-laki, perempuan,
anak-anak, kekek-kakek, presiden, menteri, tukang becak, dokter, kiai semuanya
bisa dan pasti pernah memakainya.
Kepopuleran kaos tentu berbanding lurus
dengan besarnya pangsa pasar kaos di Indonesia dan ini merupakan peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Maka tidak heran jika dari waktu ke
waktu industri konveksi yang membidik segmen pasar kaos dengan berbagai skala
produksi terus bermunculan di Indonesia.
Kaos dan Revolusi Ruang Kreatif Berbasis internet
Kaos telah menjadi bagian dari budaya fashion
dan gaya hidup dari pemakainya. Diawal kemunculannya, kaos merupakan underwear alias pakaian dalam yang dipakai oleh pasukan Inggris. Sekarang kaos tidak lagi sekedar pakaian saja,
nilai fungsi kaos telah bertransformasi menjadi apa saja sesuai kenginan
pemilik dan pemakainya. Bisa menjadi ruang publikasi, komunikasi, informasi dan
bukti eksistensi dari pemakainya.
Pergerakan transformasi nilai fungsi kaos semakin
terlihat jelas seiring trend revolusi teknologi informasi, khususnya
kehadiran internet dan smartphone yang merambah Indonesia. Kondisi ini membawa beberapa konsekuensi perubahan
yang cukup signifikan dalam dunia per-kaosan, antara lain
1. Proses Produksi
Proses produksi kaos secara
massal dengan desain visual general oleh pabrikan besar secara perlahan
mulai ditinggalkan. Trend pasar sekarang mengarah pada kaos dengan
desain yang lebih private dan ekslusive atau lebih dikenal dengan kaos custom atau custom t-shirt
2. Permintaan rasa bahan
Trend kaos custom design juga menyebabkan melebarnya
tuntutan konsumen, tidak hanya urusan desain saja yang dicustom tapi juga
jenis rasa bahan yang dibuat untuk kaos sekarang mulai menjadi obyek customisasi.
Artinya, sekarang bukan produsen kaos yang menentukan bahan kaos yang akan
dijual, tapi konsumen-lah yang menetukan bahan kaos yang akan dibeli dan
dipakai
3. Desain
Begitu juga untuk urusan
desain, khususnya untuk visual art alias gambar yang tepasang pada kaos.
Trend pasar sekarang lebih mengarah pada kaos custom design atau customt-shirt. Dimana pembeli akan membawa sendiri desain baju yang akan dibeli
dan dipakainya.
Kehadiran teknologi cetak digital
yang serba computerize semakin meramaikan pasar kaos custom design
atau custom t-shirt. Kalebihan teknologi cetak digital antaralain,
konsumen bisa memesan kaos custom design atau custom t-shirt berapapun
jumlahnya dengan kualitas yang sama, bahkan 1pc saja juga dilayani! Selain itu,
untuk urusan warna teknologi cetak digital memang tidak bisa dilawan,
berapapun dan apapun jenis serta kombinasi warna yang diminta semuanya
bisa dilayani.
4. Marketing
Kehadiran internet dengan produk
turunan berupa website, videoweb, microsite, blog, media social, online
messenger dan lainnya, menjadikan proses marketing dan penjualan
kaos berpindah tempat. Dari cara konvensional, dengan cara memajang di etalase
toko, sekarang beralih ke ruang virtual atau dunia maya dengan
memanfaatkan teknologi internet yang biasa disebut dengan toko online(OLShop).
Dengan menggunakan media website,
videoweb, microsite, blog, media social, online messenger dan
lainnya penjual kaos bisa memajang sekaligus menjual barangnya kepada pembeli
selama 24 jam, tanpa harus membuka atau menutup tokonya.
Dengan cara ini, proses
marketing dan penjualan kaos diyakini lebik efektif dan efisien. Dari sisi penjual,
tidak perlu tambahan biaya untuk menyediakan ruang/tempat fisik khusus untuk
memajang kaos dagangannya, sedangkan dari sisi pembeli, tidak perlu waktu
khusus untuk mencari kaos yang diinginkan, tinggal buka internet dan browsing
design kaos pilihan, maka dalam sekejap beragam model dan pilihan akan muncul didepan
mata. Lebihnya lagi, sistem toko online biasanya lebih tepat sasaran, karena
biasanya toko sudah menentukan segmen pasar yang jelas untuk menjual
produknya sehingga media yang dipilih untuk menyebar iklan promosinya-pun juga
akan ditentukan sesuai dengan segmen pasarnya.
Terbaru, di Indonesia mulai
bermunculan start up yang menjadikan kaos sebagai obyek media kreatif yang
menggabungkan konsep usaha (entrepreneur) dengan proses kreatif, aspiratif dan
ekspresif dalam ruang dan waktu yang sama. Disini, konsumen tidak hanya membeli kaos saja, tapi bisa menjadi seorang online Tshirt creator yang bisa melakukan design Tshirt online sekaligus membeli print shirt yang telah didesainnya secara online. Keren kan....?. dan pelopornya adalah Utees.me
5. Distribusi dan transaksi
Perubahan mendasar juga terjadi
pada sistem distribusi dan cara pembayaran. Konsep distrubusi jadul
dengan pola alur Produsen – Distributor – Agen – Toko - Pembeli, sudah tidak
efektif dan efisien lagi. Terlalu panjang dan terlalu banyak kepentingan yang
terlibat, sehingga sangat tidak efektif dan efisien. Sekarang, dengan kehadiran
internet sistem distribusi bisa dipangkas menjadi lebih pendek, bahkan dari
produsen bisa langsung lompat ke konsumen.
Untuk proses transaksi
pembayaran,
utees.me, Pelopor Media Kreatif “Online Design & Social
Sharing” Asli Indonesia
Kehadiran internet benar-benar telah melipat dimensi
ruang dan waktu menjadi lebih efektif dan efisien. Dunia seperti tidak lagi
tersekat oleh batasan geografis dan teritorial Negara, dunia seperti sebuah
bidang rata yang linier tanpa jeda waktu. Sudah bukan rahasia lagi, saat ini teknologi
internet telah menjadi sarana komunikasi dan interaksi antar umat manusia yang
paling efektif.
Booming
berbagai macam aplikasi social media berbasis internet, seperti facebook, twitter, G+,
Instagram, Path, Pinterest, You Tube dll menjadi bukti riil dari thesis
tersebut. Bahkan Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan lalulintas
komunikasi via social media paling
banyak dan paling aktif se-dunia!…..Wooooow!
Ditangan-tangan kreatif, situasi ini merupakan sebuah
tantangan sekaligus peluang usaha yang luarbiasa besarnya. Salah satu ”tim
kreatif” yang melihat peluang menjanjikan itu adalah Utees.me, yaitu situs
online yang menyediakan ruang untuk berkreasi, bereskpresi, bahkan menumpahkan ide dan aspirasi melalui sebuah rancangan
desain gambar diatas media selembar kaos yang bisa di share melalui
berbagai media social sebagai showcase untuk dijual dengan sistem custom
T-shirt atau sekedar disimpan untuk koleksi pribadi desainer-nya.
Sebuah konsep aplikasi yang cerdas! utees.me terbukti
berhasil menciptakan sebuah dunia baru yang menggabungkan ruang
ekspresi, aspirasi, kreasi dan konsep wirausaha (entrepreneur) dalam
satu wadah media sosial online yang bisa diakses siapapun dan dimanapun.
Mengenal utees.me lebih dekat, Yuk!
Lahirnya utees.me versi CHARLIE yang berbasis media social, merupakan sebuah revolusi dalam industri kaos di Indonesia, dengan mengusung konsep kaos custom atau custom T-shirt, dimana member bisa mempunyai halaman pribadi layaknya media social lainnya, sehingga member bisa berintraksi, mendesain kaos dengan tema, pola, warna dan tekstur visual sesuai dengan selera masing-masing secara online (design Tshirt online), memberi vote suka sampai membeli konten user utees.me yang disukai! Luar biasa keren kan...? Konsep cerdas utees.me memang memberi wacana baru dalam proses kreatif sebuah desain kaos dan mungkin suatu saat nanti bisa berkembang dengan obyek produk lainnya.
Untuk lebih memperkuat brand image sekaligus menarik pasar kaos di Indonesia, utees.me juga merangkul beberapa public figure dengan latar belakang yang berbeda-beda, sebagai pioneer user. Mereka, rata-rata masih dari lingkungan yang tidak jauh berbeda, yaitu dunia seni hiburan. Sebut saja Ridho Hafiedz (Gitaris SLANK), Ariyo Wahab (Aktor yang juga Vokalis The Dance Company), Rinni Wulandari (Penyanyi jebolan Indonesian Idol), Billy Davidson (Aktor), Tiara Westlake (Aktris) dan Tatjana Saphira (Aktris)
Untuk menjadi bagian dari keluarga besar utees.me, caranya sangat mudah! Teramat mudah malah...! Tidak harus ahli komputer, internet atau desain kaos untuk bisa bergabung, karena aplikasi design online utees.me sangat user friedly alias sangat mudah untuk dioperasikan. Penasaran? Yuk, kita simak tutorial berikut...
Pertama,
Untuk mencari situs utees.me caranya mudah dan standart saja kok! Ketik saja pada browser internet anda dengan kata kunci utees.me maka otomatis akan muncul situsnya di posisi paling atas! Standart banget bukan!?
Kedua,
Untuk bergabung dalam keluarga besar utees.me, harus mendaftar dulu, caranya langsung klik saja pada kata REGISTER, di bagian atas tengah situs (lihat gambar dibawah)
Ketiga,
Setelah itu akan muncul kotak dialog (lihat gambar dibawah) yang harus diisi dengan lengkap. Setelah lengkap silakan klik pada kata SUBMIT yg terletak pada bagian bawah kotak dialog.
Keempat,
Setelah itu, tunggu sebentar menunggu approve dari admin. Setelah OK! baru klik pada kata LOGIN yg posisinya di samping kanan kata REGISTER (lihat gambar bawah).
Setelah muncul tampilan situs dengan account kita (lihat gambar bawah), maka selanjutnya terserah...! Mau melengkapi setting account kita sendiri atau mau langsung menuangkan ide, kreatifitas dan ekspresi kita? Monggo....caranya, standar dan mudah banget kok!
Kelima,
Jika ingin langsung mencoba menuangkan aspirasi, ide kreatif dan ekspresi kita diatas media kaos, langsung saja klik kalimat DESIGN YOUR OWN pada kotak dengan block warna orange di bagian atas sebelah kanan laman (lihat gambar dibawah)
Keenam,
Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah! Disini, kita diminta untuk memilih kaos yang akan kita desain, pertama yang muncul adalah pilihan model, disini ada 2 (dua) fitur pilihan yang bisa kita setting, yaitu Tshirt fit, untuk memilih sasaran pengguna dari kaos yang akan kita desain, pilihannya REGULAR (umum), FEMALE dan KIDS. Cara memilihnya cukup klik pada item yang dipilih. Selanjutnya, kita diminta untuk memilih warna kaos yang akan kita desain pada fitur Available Colour. Ada 10 item pilihan warna yang bisa dipilih, caranya sama klik pada kotak warna yang kita pilih. Untuk melanjutkan action, klik pada tombol NEXT yang letaknya di pojok kanan bawah laman.
Ketujuh,
Setelah itu, layar tampilan mengarah pada fitur Templates (lihat gambar dibawah). Fitur ini menyediakan aneka gambar yang dikelompokkan dalam tema-tema teraktual yang bisa dipilih untuk mempercantik desain kaos. Tapi, jika kita tidak ingin memakai gambar yang telah disediakan disini tidak masalah, klik aja pada tulisan Design without template
Kedelapan,
Selanjutnya, apabila kita memilih untuk tidak menggunakan fitur gambar pada Templates, maka tampilan layar akan mengarah pada fitur Image (lihat gambar dibawah).
Catatan : mulailah pengerjaan desain dari bagian belakang (tampak belakang/punggung), dengan cara klik pada bagian gambar sebelah bawah dari 2 gambar yang ada di sebelah kiri gambar tampilan (lihat gambar di bawah) baru lanjut mendesain bagian depan (tampak muka/dada), karena kalau mulai dari depan maka yang muncul pada view laman adalah bagian punggung yang biasanya polos! Ingat jangan terbalik ya....
Pada fitur Image ini kita juga masih diberi pilihan, bisa memakai gambar yang disediakan dengan beberapa pilihan tema, FRAMES, DOODLES, STAMPS, SHAPES, SHOUTOUTS, DRESS UP, MISC dan ICON. Kalau masih belum menemukan yang cocok, bisa juga mencari tema lain dalam katalog dengan cara mengetik kata kunci gambar yang kita inginkan pada kota dialog yang bertuliskan Search Our Catalog lanjut enter. Tapi, kalau mau memakai gambar sendiri langsung klik pada tombol link bertuliskan Upload My Own Image. Selanjutnya silakan pilih gambar milik pribadi yang akan di pakai untuk desain kaos (catatan: gambar harus ada dalam folder didalam komputer).
Selain memilih dan men-setting tataletak gambar, disaat bersamaan kita juga bisa menambahkan text dalam desain kaos, caranya klik pada fitur Text Selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah. pada kotak dialog utama berisi pilihan jenis huruf dan dibawahnya isian untuk text yang ingin kita masukkan dalam desain kaos. Sedangkan dibawahnya, terdapat fitur untuk editing teks. Setelah selesai proses setting teks, selanjutnya ada dua opsi yang bisa kita plih, kalau merasa belum puas bisa dihapus dengan menakan tombol delete atau tekan next bila ingin melanjutkan proses selanjutnya.
Kesembilan,
Selanjutnya, akan muncul view atau penampakan hasil dari desain kreasi kita. Pada tampilan layar laman ini, akan tampak hasil design kaos kita, harga jual kaos dan royalti. Ini yang hebat! utees.me menghargai jerih payah kita sebagai online tshirt creator dengan memberikan royalti sebesar USD 1,11 untuk setiap kaos desain kita yang laku terjual! Woooow....ini baru mantap! Konsep royalti inilah yang saya sebut sebagai konsep wirausaha cerdas (entrepreneurship) yang digagas utees.me.
Selain itu, dilaman ini kita bisa memberi identitas untuk desain kaos kita, yaitu dengan memberi nama, Tshirt history, Tags, Categori, Redomended color, dan satu lagi yang sering terlewatkan padahal sangat penting, apa itu? Peringatan/Filter Adult Content. Fitur ini berfungsi sebagai filter apabila desain kita ada unsur gambar dewasa yang tidak layak dilihat anak-anak. Tapi kalau memang tidak ada unsur gambar dewasa, fitur ini dlewati saja! Selanjutnya ada dua pilihan untuk penyimpanan, SAVE AS PRIVATE artinya disimpan untuk account anda pribadi (tidak di publish) dan SAVE AND PUBLISH artinya karya desain kita akan disimpan sekaligus di publikasikan secara luas melalui situs utees.me (lihat gambar dibawah).
Selain itu, dilaman ini kita bisa memberi identitas untuk desain kaos kita, yaitu dengan memberi nama, Tshirt history, Tags, Categori, Redomended color, dan satu lagi yang sering terlewatkan padahal sangat penting, apa itu? Peringatan/Filter Adult Content. Fitur ini berfungsi sebagai filter apabila desain kita ada unsur gambar dewasa yang tidak layak dilihat anak-anak. Tapi kalau memang tidak ada unsur gambar dewasa, fitur ini dlewati saja! Selanjutnya ada dua pilihan untuk penyimpanan, SAVE AS PRIVATE artinya disimpan untuk account anda pribadi (tidak di publish) dan SAVE AND PUBLISH artinya karya desain kita akan disimpan sekaligus di publikasikan secara luas melalui situs utees.me (lihat gambar dibawah).
Kesepuluh,
Selanjutnya, kalau kita pilih SAVE AND PUBLISH, selanjutnya laman akan menampilkan publikasi kaos desain kita bersama kaos-kaos desain dari member lainnya pada laman Fresh (lihat gambar dibawah). Disini kita juga bisa ikut membantu promosi kaos desain dengan cara menyebarkannya melalui sosial media facebook dan Twitter
Untuk melihat tampilan akhir dari kaos hasil desain kita, klik aja pada gambar kaos desain kita dan eng..ing..eeeeeeng ini dia hasilnya!
Bagaimana ? Mudah saja bukan menjadi seorang online Tshirt creator ala utees.me? Ayo tunggu apalagi? Segera bergabung dalam keluarga besar utees.me! So, Let's Design Your Own Tshirt in here! utees.me....!
Angan angan dan Harapan!
Pilihan media
kaos sebagai core product dalam menjaring member merupakan bentuk kecerdasan dan kejelian utees.me dalam membaca peluang bisnis yang realistis. Kaos sebagai pemimpin pasar fashion dunia, tentu sangat
menjanjikan untuk hitung-hitungan bisnis. Sampai disini, utees.me memberi kita banyak pelajaran berharga.
Ruang kreatif akan terus berkembang dan bertumbuh seiring
perkembangan peradaban manusia beserta segala kebutuhannya. Kunci sukses utees.me
untuk bisa terus mengembangkan diri adalah ide kreatif dan inovatif
mempertemukan 4 (empat) kebutuhan penting masyarakat urban modern saat ini,
yaitu wirausaha (proyeksi mendapatkan nafkah), dengan media ekspresi,
aspirasi dan kreatifitas ke dalam satu ruang. Keempat elemen
kebutuhan manusia urban tersebut merupakan penggerak utama bagi eksistensi utees.me kedepannya. Apakah sudah
cukup? Belum! Agar tetap hidup dan menghidupi, kedepan utees.me tetap harus
bergerak untuk menggali inovasi dan ide-ide brilliant.
Angan-angan saya, suatu saat nanti utees.me bisa
berkembang dan menjadi trendsetter bagi dunia. Diversifikasi
produk bisa menjadi salah satu pilihan strategi untuk terus mengembangkan sayap
wirausaha utees.me. Sekarang, media atau obyek ruang usaha utees.me hanya
fokus pada kaos saja! Harapan saya, kedepan bisa lebih variatif dengan
menambah jenis media/obyek untuk menampung aspirasi, ekspresi dan
kreatifitas, seperti media jaket,
topi, tas, sarung bantal, bed cover, gorden, poster, sticker, wallsticker, wallpaper, mug,
gelas, asbak, jam dinding dll.
Bagaimana utees.me?
Keren emeng inovatif!
BalasHapusInilah Indonesia yang sebenarnya! cerdas, kreatif dan inovatif! Iya ngggakk? Makcih ya mampir dan apresiasi.....
Hapustutorial artikelnya lengkap dan jelas mas. banyaki desain etnik kalimantan ya. pasti laku
BalasHapusini tempat ekspresi yang menghasilkan duit juga.
BalasHapus